Oppo Find X2 dengan Dukungan 5G hadir di Pasar Smartphone Tanah Air

main image

Pasar smartphone tanah air kedatangan seri terbaru, yaitu Oppo Find X2. Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia menjelaskan bahwa Find X2 adalah produk smartphone yang spesial bagi Oppo sebagai produsen smartphone. Hal ini karena seri Find X bukanlah produk yang diproduksi setiap tahun. Ia menambahkan bahwa bagi Oppo, produksi seri smartphone tidak akan diproduksi jika tidak ada teknologi yang baru dan spesial yang disematkan pada produknya. Diketahui seri Find X sendiri terakhir rilis tahun 2018. Maka bisa disimpulkan, peluncuran Oppo Find X2 kali ini memang spesial karena sampai tahap diproduksi dan dirilis resmi.

Kehadiran Oppo Find X2 ini juga didukung dengan jaringan 5G. Aryo menjelaskan bahwa saat ini belum ada smartphone dengan dukungan 5G yang dijual secara bebas dan masuk Indonesia secara resmi. Hal ini adalah gebrakan baru yang dibuat Oppo karena menghadirkan smartphone dengan dukungan 5G pertama di pasar smartphone tanah air.

Produk seri Find X2 sendiri terdiri dari Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro. Teknologi jaringan 5G yang mendukung kedua smartphone seri ini adalah modem X55. Modem ini berada di chipset Qualcomm Snapdragon 865. Pemerhati gadget mungkin sudah hapal bahwa saat ini chipset adalah teknologi yang paling baru dan paling canggih di industri smartphone. Selain itu, modem yang digunakan smartphone ini sudah mendukung semua jaringan seluler karena Qualcomm tidak memisahkan modul modem 5G dengan chipset Snapdragon 865. Sehingga jangan khawatir, smartphone ini masih bisa menangkap sinyal jaringan yang lain, seperti 2G, 3G, dan 4G meskipun hingga saat ini Indonesia belum tersedia dan mendukung jaringan 5G.

Hal ini diperkuat oleh penjelasan Dominikus Susanto sebagai Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia. Ia menjelaskan bahwa modem X55 sendiri sudah mendukung semua jaringan. Hal ini menguntungkan pengguna smartphone yang memiliki teknologi ini karena meskipun saat ini Indonesia belum mendukung jaringan 5G, namun ketika di Indonesia sudah ada frekuensi dan mendukung jaringan 5G, ataupun ketika ke luar negri yang mendukung 5G, Oppo seri Find X2 sudah bisa digunakan.

Kedua smartphone Oppo seri Find X2 memiliki jenis chipset yang sama yang mendukung jaringan 5G. Adapun perbedaannya terletak pada kamera, kapasitas memori penyimpanan, dan daya baterai.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro sama-sama didukung dengan tiga kamera utama dan kamera depan yang beresolusi 32 MP ultrawide. Perbedaannya pada spesifikasi kamera utamanya. Pada Find X2, tiga kamera utama tersebut adalah dukungan kamera dengan 48 MP sensor Sony IMX586, 12 MP ultrawide, dan 13 MP telephoto dengan 3x optical zoom dan 20x digital zoom. Sedangkan tiga kamera pada Find X2 Pro masing-masing adalah kamera beresolusi 48 MP wide-angle dengan sensor Sony IMX689, kamera 48 MP ultrawide/macro dengan sensor Sony IMX586, dan telephoto 13 MP disertai OIS yang memungkinkan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 60x digital zoom.

Perbedaan lainnya dari kedua smartphone ini adalah dari memori internal. Find X memiliki ruang penyimpanan data sebesar 256 GB, sedangkan pada Find X2 Pro lebih besar dua kali lipatnya, yaitu sebesar 512 GB. Perbedaan juga terletak pada kapasitas baterai dimana Find X2 memiliki kapasitas 4.200 mAh dan Find X2 Pro dengan kapasitas lebih besar yaitu 4.260.

Penjualan resmi Oppo Find X2 dan Find X2 Pro di Indonesia akan dilakukan dengan sistem pre-order sejak tanggal 7-12 Maret 2020. Soal harga, Find X2 dibanderol Rp15.000.000. Sementara Oppo Find X2 Pro dijual dengan harga lebih mahal, yaitu Rp18.000.000.